Saturday, October 30, 2010

Penyakit Akibat Kurang Berolahraga


" Seperti sepeda kalau nggak bergerak, nggak seimbang "
Begitu kata ayahku tentang berolahraga. Dan kalau dipikir pikir bener juga sih. Olahraga itu penting. Olahraga membuat tubuh kita sehat. Banyak penyakit akibat jarangnya berolahraga. Beberapa contohnya, seperti:

1. Penyakit Jantung

Kurang berolahraga merupakan salah satu faktor penyebab penyakit satu ini. Jarangnya berolahraga dapat menyebabkan obesitas. Berat badan yang berlebihan memberikan tegangan atau beban ekstra pada jantung dan pembuluh darah, sehingga beresiko menimbulkan penyakit jantung. Rajin berolahraga akan mencegah penyakit jantung dengan meningkatkan aliran darah ke jantung dan menguatkan kontraksi jantung, sehingga jantung akan memompa lebih banyak darah dengan tenaga yang sedikit.Olahraga juga dapat mengurangi stres, yang dapat mengakibatkan penyakit jantung.

"Olahraga yang dilakukan secara teratur adalah cara yang terbaik untuk mengalahkan penyakit jantung," kata Christine Albert dari Brigham and Women's Hospital di Boston.

Dr. Dudey Hite menerangkan, berolahraga secara kontinyu setiap hari seperti berenang, berjalan kaki, bersepeda, joging, aerobik maupun olahraga yang lainnya sangat diperlukan untuk menciptakan tenaga cadangan bagi jantung. Dengan aktivitas tersebut jantung akan sanggup menanggung kelebihan serta ketegangan.

2. Ketegangan Syaraf

Berolahraga secara rutin dapat mengurangi ketegangan syaraf dalam kehidupan sehari-hari. Dengan melakukan olahraga, jantung akan sanggup menanggung ketegangan. Karenanya berolahraga secara kontinyu dapat pula menjaga kesehatan mental. Orang yang biasa berolahraga, maka akan menghasilkan zat endorpin, zat antistress yang dihasilkan oleh otak, sehingga membuat orang merasa lebih santai.

3. Sakit Pinggang

Sakit pinggang juga bisa disebabkan kurangnya berolahraga. Duduk dengan posisi buruk dan kelemahan otot akan menyebabkan sakit pinggang. Kebanyakan profesi kita saat ini menghabiskan waktu dengan duduk di kursi menghadapi komputer atau berkas-berkas yang perlu diselesaikan. Kelenturan tulang dan sendi kita khususnya pinggang menjadi berkurang dan sedikit kaku

Penelitian menunjukkan orang yang kurang berolahraga akan mempunyai otot pinggang yang kaku dan keras.

4. Kelebihan Berat Badan

Kelebihan berat badan disebabkan oleh beberapa faktor. Orang yang banyak duduk dan kurang berolahraga merupakan sebab utama dari kelebihan berat badan.

Aktifitas saat ini yang banyak dilakukan dengan duduk, apabila kita jarang berolahraga, aktifitas ini dapat mengganggu pembakaran kalori dan mengganggu pengaturan normal akan pemasukan makanan. Oleh sebab itu, banyak penyakit yang disebabkan karena berat badan yang berlebihan. Sedangkan salah satu faktor kelebihan berat badan sendiri adalah kurangnya berolahraga.

::Berbagai Sumber::

Berolahraga secara teratur sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Namun perlu diingat bahwa dalam berolahraga juga jangan berlebihan :)

Duh duh, selama ini aku tuh jarang banget olahraga, paling cuma di sekolah doang, hehe :D tapi itu gak efektif banget (_ _". Tapi besok pagi, aku bertekad untuk olahraga pagi! Mesti teratur, setidaknya 1 kali dalam seminggu, hari Sabtu/Minggu gitu. Tapi masalahnya, belakangan ini aku tuh susaaaaah banget untuk bangun pagi, ckck -.-" Tapi aku udah bertekad nih, Semoga ke depannya terlaksana. Amiin ^^

-AO-

1 comment:

Don't forget to comment^^
Feel free to submit your comment, just type it here ^^