Thursday, January 10, 2013

Menentukan Satuan Internasional dari Besaran Turunan

Satuan Internasional besaran turunan diperoleh dari penjabaran satuan besaran- besaran pokok yang menyertai penurunan definisi dari besaran turunan yang bersangkutan. Oleh karena itu sering dijumpai satuan turunan dapat berkembang lebih dari satu macam karena penjabaran besaran turunan dari definisi yang berbeda. Jika suatu besaran turunan merupakan perkalian besaran pokok , satuan besaran turunan itu juga merupakan perkalian satuan besaran pokok, begitu juga berlaku didalam satuan besaran turunan yang merupakan pembagian besaran pokok. Besaran turunan mempunyai ciri khusus antara lain :
1.      Diperoleh dari pengukuran langsung dan tidak langsung,
2.      Mempunyai satuan lebih dari satu dan diturunkan dari besaran pokok.

Berikut penjabaran penurunan satuan besaran-besaran pokok menjadi satuan besaran turunan.

1.      Luas
Luas adalah besaran yang menyatakan ukuran dua dimensi (dwigatra) suatu bagian permukaan yang dibatasi dengan jelas, biasanya suatu daerah yang dibatasi oleh kurva tertutup. Satuannya diperoleh dari turunan satuan dua besaran pokok panjang. Satuan panjang adalah meter dengan simbol m.

Satuan Luas = panjang x lebar                             
                   = besaran panjang x besaran panjang
                   = m  x  m                                         
                   = m²                                                

 

                                                                                         
                                                                                                                                  


2.      Volume
Volume adalah Penghitungan seberapa banyak ruang yang bisa ditempati dalam suatu objek. Objek itu bisa berupa benda yang beraturan ataupun benda yang tidak beraturan. Benda yang beraturan misalnya kubus, balok, silinder, limas, kerucut, dan bola. Benda yang tidak beraturan misalnya batu yang ditemukan di jalan. Volume merupakan besaran turunan, yang disusun oleh besaran pokok panjang.

Satuan Volume   = panjang x lebar x tinggi                                              
                          = besaran panjang x besaran panjang x besaran panjang
                          = m x m xm                                                                  
                          = m³                                                                             






                 




3.      Kecepatan
Kecepatan adalah suatu vektor dari besar dan arah gerakan. Nilai absolut skalar (magnitudo) dari kecepatan disebut kelajuan (bahasa Inggris: speed). Kecepatan dinyatakan dengan perubahan jarak yang ditempuh per satuan waktu. Berdasarkan definisinya, kecepatan merupakan besaran turunan yang disusun oleh besaran pokok panjang dan waktu.

Satuan Kecepatan  = jarak/ waktu                                 
                              = besaran panjang  / besaran waktu 
                              = m/s                                              

 



4.      Percepatan

Percepatan didefinisikan sebagai perubahan kecepatan dibagi selang waktu. Percepatan bisa bernilai positif dan negatif. Bila nilai percepatan positif, hal ini menunjukkan bahwa kecepatan benda yang mengalami percepatan positif ini bertambah (dipercepat). Sebaliknya bila negatif, hal ini menunjukkan bahwa kecepatan benda menurun (diperlambat). Contoh percepatan positif adalah: jatuhnya buah dari pohonnya yang dipengaruhi oleh gravitasi. Sedangkan contoh percepatan negatif adalah: proses pengereman mobil. Satuan percepatan diperoleh dari turunan dari satuan besaran pokok panjang dan waktu.


                                                                                                                                    
5.      Gaya
Gaya  merupakan suatu besaran yang menyebabkan benda bergerak. Gaya memiliki besar dan arah, sehingga merupakan besaran vektor. Gaya didefinisikan sebagai massa x percepatan. Satuan internasional dari gaya adalah Newton. Satuannya diperoleh dari turunan besaran pokok massa, panjang dan waktu.

Newton adalah Satuan Internasional gaya dengan lambang N. Dinamai dari Sir Isaac Newton. Satu newton adalah besarnya gaya yang diperlukan untuk membuat benda bermassa satu kilogram mengalami percepatan sebesar satu meter per detik per detik. 

1 comment:

  1. Artikelnya bermanfaat kak, ini saya juga punya artikel tentang Besaran Pokok dan Besaran Turunan, semoga dapat saling melengkapi

    Pengertian dan Contoh Besaran Pokok dan Besaran Turunan (Lengkap)

    ReplyDelete

Don't forget to comment^^
Feel free to submit your comment, just type it here ^^