Thursday, April 21, 2011

Windows Movie Maker's Problem



Yap, ada apa ini? apa yang sebenarnya terjadi?
Windows Movie Maker (WMM) tidak bisa menyimpan video yang telah kita buat.
Duh duh kebayang nggak sih, udah capek capek buat eh malah nggak bisa disimpen. Masa harus ULANG lagi dari awal? Olala..
Yap, ini juga yang terjadi dengan aku. Agak frustasi tuh tapi tetep berusaha untuk stay cool hehe XD dan alhamdulillah aku dapat mengatasi permasalahan WMM ini tanpa harus MENGULANG dari awal :)

Jadi apa yang aku lakukan?

Pertama, cek dulu apakah benar apa yang ditampilkan WMM itu?
Yang harus kita cek adalah:
1. Lokasi Penyimpanan
2. Memori Penyimpanan
Jangan sampai kita nyimpen di tempat yang memorinya udah nggak sanggup lagi untuk dipenuhi file lagi. Tapi yang biasa terjadi adalah, kita tidak mengalami masalah dengan kedua hal itu. Terus apa dong?

Nah, berdasar dari hasil browsing-an aku, ini emang masalah umum pada WMM. Banyak yang bertanya soal ini dan aku menemukan salah satu solusi yang aku terinspirasi karenanya (Thank you so much :) ) Jadi solusi yang dia berikan adalah memotong bagian bagian videonya menjadi lebih kecil. Nah lho? Duhai.. apa pula maksudnya? Dan kemudian ide itu mengalir~

Note: Maaf nih kalo penjelasan aku berikutnya sulit dipahami. Gomenasai (_ _"
Jadi penyebab tidak bisa di save itu, kalo bukan karena kedua hal di atas, kemungkinan ada bagian video dari gabungan video itu yang menjadi sumber dari tidak bisa di savenya video secara keseluruhan. Bagaimana kita mengetahui video yang menjadi sumber penyebab itu?
Jadi yang aku lakukan adalah video video yang digabung gabung menjadi satu itu aku copy satu video, mulai dari yang awal. Lalu aku paste ke New Project di WMM. Lalu aku save. Kalo bisa disave berarti bukan itu video yang menjadi penyebab. Tapi kalau peringatan yang di atas itu muncul lagi itulah video yang menjadi sumber penyebabnya. Lalu gimana dong?

Nah, kalo aku, yang aku lakukan adalah merubah format video yang menjadi sumber penyebab itu. Tentunya ke format yang bisa diterima WMM. Tadinya WMV aku ubah menjadi AVI. Dan setelah aku melakukan itu dan aku coba save, alhamdulillah bisa :)

Dan untuk memudahkan lagi, lebih baik semua video itu kita ubah formatnya dari format semula. Karena yang menjadi sumber penyebab tidak bisa di save itu, bisa saja tidak hanya satu. Dan itulah yang aku lakukan hingga akhirnya video yang aku buat bisa disave. Memang sih butuh waktu, tetapi aku pikir cara ini lebih simple daripada harus mengulang dari awal :)


-AO-

27 comments:

  1. thankyouuu berguna banget infonya :D

    ReplyDelete
  2. kenapa ya tetap tidak bisa di save , help plisss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tipe video yang diinsert sudah diubah formatnya jadi AVI?

      Delete
  3. tolongin dooong. kan videonya pas di import sudah dalam bentuk avi, ters tetep ga bisa di saveee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapasitas memori lokasi penyimpanan masih cukup?
      Format potongan videonya semua sama? jangan beda- beda formatnya
      Video dan sound yang aslinya masih ada atau sudah dihapus? Tidak akan bisa di save kalau video dan sound asalnya tidak ada di komputer.

      Delete
    2. makasih infonya, saya jd nemu solusi, di blog ini

      Delete
  4. kok malah closed sendiri movie makernya?

    ReplyDelete
  5. thanx broo atas infonya semoga bermanfaat :)

    ReplyDelete
  6. haduhhh gimana nih udah bikin cape2 ehh ga bisa dsavee T___T udah coba cara di atas tp msh aj ga bisa... huaaaa.... nangisss

    ReplyDelete
  7. thanks bgt infonyaaa, useful banget.. asalnya udh hopeless gak bisa di save as video garagara "katanya" memory kepenuhan dan blablabla pdhl udah deadline *kok jadi curcol* hahaha btw thanks bgt yaa

    ReplyDelete
  8. ko kagak bisa, ribet amat malah ttep muncul g gituan

    ReplyDelete
  9. eh bisa tanya gak ?
    aku nyoa ngedit di WMM, tp gk bisa masukin teks di videonya... gimana dong? ada solusikah? gomawo~~~

    ReplyDelete
  10. omona~
    thank you beibehh
    videonya udh bsa di save

    ReplyDelete
  11. ya allah makasih banget minnnnn o:)

    ReplyDelete
  12. tq bro atas infonya......dah sukses my video.... sekarang bs tidur nyenyak

    ReplyDelete
  13. Gimana sih Bang ??? Cara ngerubah yg aslinya wmv jadi avi ?? Dari pertamanya atau terakhornya sih bang ? :'( ahh project ku gimana ini ??? Hiks hiks hiks :'( :'(

    ReplyDelete
  14. Halo kak saya punya masalah yang sama tapi saya kurang mengerti maksud artikelnya kak, mohon bantuannya kak :(

    ReplyDelete
  15. itu ganti formatnya pake apa????

    ReplyDelete
  16. anda bisa mengubah formatnya dengan format factory! :)

    ReplyDelete
  17. bro bentuk ane bukan WMV tapi WSWMM Mohon penjelasan bro

    ReplyDelete
  18. kalo saya bikin videonya pake foto gmn?

    ReplyDelete
  19. alhamdulillah bisa bang makasih

    ReplyDelete
  20. Itu dipindahim ke format AVi nya satu satu lagi? Brrti harus diedit edit lagi yaa?

    ReplyDelete
  21. kak,movie maker saya ngga bisa buat import video padahal sudah saya ganti formatnya pake avi atau wmm. lalu misalkan bisa nanti pas saya masukin video ke story board pasti tulisannya windows has stopped working. gimana solusinya?

    ReplyDelete
  22. Format videonya udah wmv semua, sound udah wma, gambar jpg dan png, kapasitas hardisk masih cukup, file aslinya ada semua, tapi tetep gak bisa gan. Gimana ya?

    ReplyDelete
  23. tolong dong, bantuin gimana cara savenya. ada audionya tapi ga ada vidio

    ReplyDelete
  24. sebenarnya gini gan .... akukan buat vidio di movie maker udah sukses bersama musiknya udah aku tonton berkali - kali ,,,, nah singkat cerita beberapa bulan kemudian aku bosan ama musiknya itu ,,, maunya aku ganti dengan musik yang lain, aku edid lagi ke movie maker dan merubah pormatnya dari AVI ke pormat WMV karena pormat AVI ga spot ke movie maker, editan berjalan lancar, lagunya yang semula aku mute biargak kedengeran lagi suaranya, aku masukin musik yang baru di bawahnya musik yang pertama ,,,,, begitu selesai ngedit aku save ke computer eee ternyata ga bisa gan ,,,, pertanyaan aku sekarang apa mungkin karena audio pertama aku klik kanan ga di hapus cuma aku klik kanan di centang mute ,,, mohon infonya gan ,,,,, !!!!

    ReplyDelete

Don't forget to comment^^
Feel free to submit your comment, just type it here ^^