Sunday, December 11, 2011

Trend, Apakah itu?



Trend adalah sesuatu yang sedang maraknya digandrungi, diminati dan diikuti oleh orang banyak. Trend dapat berupa trend gaya berpakaian, trend gaya rambut, trend teknologi, trend kosmetik, trend aksesoris, trend otomotif, trend modifikasi motor atau mobil dan lain lain. Banyak orang yang mencari dan ingin mengetahui trend apa yang ada saat ini untuk kemudian diikuti. Mengutip dari goyangkarawang.com, ‘secara bahasa, trend bisa kita pahami sebagai sesuatu yang berlaku secara umum, sesuatu yang banyak dilakukan atau dirujuk oleh banyak orang. Misalnya trend pencarian kata kunci di Google tahun 2010, menunjukan apa saja kata kunci yang banyak dicari orang sepanjang tahun 2010, dari 1 januari– 31 Desember 2010. Trend dalam definisi seperti ini lahir berdasarkan fakta. Trend adalah sesuatu yang telah terjadi, yang bisa diteliti secara kuantitatif maupun kualitatif.

Trend mudah masuk dan diterima oleh masyarakat, contohnya ketika muncul berita kematian Michael Jackson, tidak lama setelah itu apapun yang dikenakan Michael Jackson selama ia berkarir, dijadikan suatu standard trend. Dimulai dari legging mengkilat, jaket kulit, jaket berpading tinggi, sepatu semi pantofel, dan tidak lupa topi fedora. Mendadak high-fashion designers kelas dunia merancang baju baju yang bertema MJ. Lalu, majalah-majalah fashion baik dalam dan luar negeri mulai menyerukan issue trend tersebut, dan akhirnya sampailah di tangan orang-orang awam yang tidak tahu memilih style yang paling tepat untuk dirinya. Tidak hanya trend dalam berpakaian, gaya menari Michael Jackson yang seperti robot maupun gaya legendarisnya yaitu moonwalk, banyak ditiru oleh orang orang, baik penari maupun orang biasa, bahkan anak kecil sekalipun. Tidak lama setelah berita kematian Michael Jackson beredar di media, permintaan siaran lagu-lagu Jacko di radio meningkat tajam, lagu lagunya banyak didendangkan dan menjadi hits kembali.

Dapat kita pahami, bahwa trend adalah motif bisnis dan setting pasar untuk mendongkrak suatu produk. Sayangnya banyak orang tergiring oleh setting pasar ini. Banyak orang yang kehilangan identitas diri hanya karena ikut terbawa trend untuk sebuah eksistensi bernama trendi, gaul, modis, up to date dan sebagainya. Inilah alasan mengapa pada orang tertentu tren begitu berkuasa menentukan hidup seseorang, menentukan bagaimana seseorang diterima dalam masyarakat. Demi diterima dalam suatu lingkungan akhirnya orang terbawa untuk mengikuti trend saat itu. Trend tidak semata mata diikuti oleh berbagai macam orang. Misalnya trend untuk perempuan tidak mungkin diikuti oleh laki laki, untuk anak anak tidak diikuti oleh orang dewasa, dan sebagainya. Dengan demikian perkembangan trend diikuti berdasarkan kategori subjeknya.

No comments:

Post a Comment

Don't forget to comment^^
Feel free to submit your comment, just type it here ^^